Tuesday 31 August 2010

Pressure Tranducer & Pressure Transmitter

Rangkuman Diskusi
Pressure Transducer vs Pressure Transmitter
Oleh Administrator

Mungkin ada yg bisa bantu /sharing knowledge? Perbedaan yg paling mendasar anatara pressure transmitter dan pressure transducer dalam hal apa ya? Thanks before

Tanggapan 1.
Pressure transmitter berfungsi untuk mentransmisikan/menyampaikan informasi keadaan tekanan pada suatu tempat (vessel, pipe etc) dalam bentuk signal electric kepada controller dan selanjutnya digunakan untuk melakukan aksinya (misal mengurangi/menutup valve yang ada hubungannya dengan kasus yg dimaksud.

Pressure transducer berfungsi melakukan perubahan bentuk energi tekanan menjadi bentuk energi listrik (P to I) pressure to current yang selanjutnya dikirimkan kepada pressure transmitter. Semoga ada yg dapat menyempurnakan & semoga bermanfaat.



Tanggapan 2
Pressure Transmitter adalah instrument atau alat yang berfungsi mengubah besaran ukur (dalam hal ini tekanan) menjadi besaran lain sesuai dengan besaran standard instrumentasi. (besaran ini bisa berupa pressure : mBar, electronic : 4 - 20 mA, dll) Pressure Transducer adalah instrument atau peralatan yang berfungsi untuk mengubah besaran tekanan ke besaran lain (non standard) bisa berupa local indikasi.

Jadi pada hakekatnya perbedaannya pada output yang dihasilkan, kalo transmitter mempergunakan standard signal instrumentasi, sementara transducer bisa dikatakan tidak.

Tanggapan 3
prinsip dasarnya pressure/tekanan adalah sebentuk gaya/force yang dibutuhkan utnuk menahan gas atau fluida keluar, biasanya ditetapkan sebagai besarnya gaya per unit area,sensor pressure digunakan untuk mengukur tekanan tersebut dan mengirimkannya berupa signal yang biasanya berupa electrical signal (bisa juga optical signal, visual signal, atau auditory signal).sensor pressure digunakan untuk mengukur tekanan itu sendiri, flow, level, altitude, dll.prinsip pengukuran inilah yang digunakan pada pressure transducers, pressure transmitter, pressure indicator, dll.perbedaan antara pressure transducer and pressure transmitter adalah kalo transducer itu penekanannya ke pengubahan/transformasi energi (energy transforming) dan transmitter itu pen-transmisi-an sinyal (signal transmission), dan saat ini untuk pengukuran pressure tsb, equipment tersebut sudah terintegrasi keduanya, transforming energy dan signal transmission.

Tanggapan 4

Transducer adalah suatu alat/device yang berfungsi merubah suatu besaran/energi ke bentuk besaran/energi yang lain. Contoh : strain gauge, thermoelement (RTD atau thermocouple), piezoelectric, sensor module pada pressure tx (berisi diaph, liq filled, dan capasitor), dll. Sensor module pada press. tx berfungsi merubah tekanan menjadi kapasitansi, RTD merubah temperature menjadi resistansi, dan seterusnya. Karena keluaran / output dari transduser tertentu adalah suatu bentuk besaran/energi yang tidak mungkin di transmisikan karena alasan akurasi maka dibuatlah transmitter, transmitter ini berfungsi untuk memperkuat dan mengkondisikan signal keluaran transducer agar bisa ditransmisikan melalui media tertentu (electric/pneumatic) tanpa mengganggu akurasi bacaannya. Adalah tidak mungkin mentransmisikan signal output dari sensor module yang berupa kapasitansi melalui kabel ke control room atau tempat lain, karena banyak faktor yang dapat mempengaruhi akurasi dari signal yang di transmisikannya, di dalam kabel ada kapasitansi dan induktansi. Tetapi ada beberapa transducer yang dapat langsung mentransmisikan signalnya seperti RTD dan thermocouple dengan akurasi yang dapat diterima. Dalam istilah sehari2 pressure transmitter terdiri dari pressure transducer dan electronic card berfungsi sebagai transmitter dalam bentuk yang compact.
Dikutip dari: Rangkuman diskusi www.migas-indonesia.com

0 comments:

Post a Comment